INDONESIA MARKETEERS FESTIVAL 2017

Suatu kesempatan berharga untuk saya diberi kesempatan untuk menghadiri acara Indonesia Marketeers Festival 2017 (#IMF2017) yang diselenggarakan oleh Markplus.Inc bekerja sama dengan Pegadaian (persero) di Pontianak 4 April 2017. Acara ini dibawakan oleh Bapak Jacky Mussry selaku Deputi CEO Markplus Inc.

Salah satu yang menarik bagi saya pada sesi pembukaan oleh beliau adalah tentang era marketing, yang dibagi menjadi dua yaitu Legacy Marketing dan New Wave Marketing. Pada era Legacy marketing tahap konsumen dalam melakukan pembelian cukup hanya pada proses AWARE, ASK, ATTITUDE, ACT & ACT Again namun di era New Wave Marketing hal tersebut tidak cukup, ada proses tambahan yang harus diciptakan oleh para marketeers dalam mempertahankan usahanya, yaitu AWARE, APPEAL, ASK, ATTITUDE, ACT & ADVOCATE.  Hal menarik bagi saya adalah pada saat tahap Advocate tercapai, Tahap advocate dianalogikan Bapak Jacky sebagai seorang turis yang berkunjung di Pontianak, entah kapan turis itu akan kembali lagi ke Pontianak, namun jika turis tersebut mendapat pengalaman yang WOW tentang kota Pontianak, maka dia akan merekomendasikan kepada kerabatnya untuk berkunjung ke Pontianak dengan memberitahukan betapa WOW kota tersebut sehingga sangat penting untuk berkunjung ke Kota Pontianak, kira-kira begitulah gambaran yang disampaikan beliau. Beliau mengatakan tahap “mengikat” konsumen melalui tiga tahap, yaitu ENJOYING, EXPERIENCE dan terakhir adalah ENGAGEMENT. Pada tahap terakhir inilah diharapkan konsumen memperoleh “WOW effect” tentang suatu produk atau layanan.

Acara Indonesia Marketeers Festival 2017 dibuka oleh Wakil Walikota Kota Pontianak, Bapak Edi Rusdi Kamtono. Pada kesempatan ini beliau juga sharing tentang pentingnya inovasi dan promosi terhadap suatu produk. Beliau memberi contoh tentang salah satu cara promosi brand kopi milik beliau yaitu Kopi Bang Edi. Beliau bercerita tentang cara promosi kopinya yaitu dengan cara menitipkan kopi tersebut kepada kerabat yang akan bewisata keluar negeri dan menitip pesan untuk momfoto kopinya tersebut di landmark-landmark di beberapa tempat yang dikunjungi dan cara tersebut terbukti berhasil mendongkrak penjualan produknya tersebut.
Dalam acara ini juga dibagikan beberapa penghargaan kepada pelaku dunia usaha baik BUMN, swasta dan wirausaha yang berprestasi dalam bidang marketing yang berhasil membawa usahanya ke arah yang lebih baik.
Walaupun saya tidak mempunyai dasar marketing, namun mendengar paparan dari beberapa keynote speaker pada acara ini membuka wawasan saya tentang betapa luasnya dunia marketing untuk dipelajari. Demikian sharing singkat saya semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama